Bus Tingkat Semarang Si Kenang

by - Tuesday, October 31, 2017

Bus Tingkat Semarang
Gagahnya "Si Kenang"

Sugeng enjang...
Selamat pagi...

"Yuk muter-muter Semarang" slogan yang tertulis di bagian badan bus tingkat berwarna merah itu merupakan ajakan Pemerintah Kota Semarang bersama dengan Dinas Perhubungan yang bertujuan meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata khususnya di Kota Semarang. Memberikan fasilitas kepada para wisatawan baik lokal maupun dari luar untuk bisa berkeliling Kota Semarang secara gratis.

Bus tingkat ini diberi nama "Si Kenang". Dalam bahasa jawa si kenang artinya adalah pria muda. Mungkin tujuannya adalah memberikan kesan sosok pemuda yang gagah pada bus merah ini. Sebenarnya "SI KENANG" ini merupakan akronim dari Semarang Istimewa, Kotanya ENak dipandANG. Baru tahu kan???

Bus yang dibuat oleh Karoseri Nusantara Gemilang Kudus tersebut memiliki tinggi 4,5 meter, panjang 13,5 meter dan lebar 2,5 meter. Bus ini berkapsitas 70 penumpang, dengan 58 kursi penumpang di lantai atas dan 12 kursi penumpang di lantai bawah. Kursinya sangat nyaman, tidak sempit, dan bus ini ada fasilitas untuk difabel juga. Dilengkapi dengan kamera cctv untuk mengawasi perilaku dari para penumpang. Yang tidak kalah keren, ada wifi on the bus by Telkomsel.

Bus Tingkat Semarang
Bagian Belakang Lantai Atas Bus (Image: Source)

Bus Tingkat Semarang
Bagian Depan Lantai Atas Bus (Image: Source)

Bus Tingkat Semarang
Driver Equipment

Bus Tingkat Semarang
Tangga Bus

Bus Tingkat Semarang
Kamera CCTV


Sejak resmi diluncurkan, yaitu pada hari Senin, 2 Oktober 2017, bersamaan dengan Upacara Hari Perhubungan Nasional di Halaman Balaikota Semarang, bus ini tidak pernah sepi peminatnya, apalagi jika akhir pekan. Bahkan mungkin Anda harus mengantre sejak subuh, padahal akan mulai dilayani pada pukul 06.30. Hal ini dikarenakan, hanya satu armada saja yang tersedia, sedangkan antusiasme masyarakat untuk mencoba naik bus ini sangat tinggi. Rencananya tahun 2018 nanti akan ditambah lagi armadanya. Semoga segera terealisasi.

Jika Anda tertarik, silahkan langsung datang saja ke starting point di Museum Mandala Bhakti Semarang.

Bus Tingkat Semarang
Tampak Depan Bus Tingkat Si Kenang

Bus Tingkat Semarang


Baca juga Rute & Jadwal Perjalanan Bus Tingkat Si Kenang



You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mau berkomentar...